Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sam HC adalah seorang aktifis yang rajin menyuarakan ketidakadilan. Dia adalah salah-satu pelaku reformasi di tahun 1998, sampai saat ini aktif untuk berjuang menegakkan dan memperbaiki keadaan. “Kedzaliman itu selalu ada bukan karena orang dzalimnya banyak, tetapi karena berdiamnya orang baik”, sebuah perkataan Sayyidina Ali yang sampai hari ini dia terapkan.

Sam HC selalu berusaha menjaga diri dengan tetap rendah hati seperti dahulu kala, hampir tidak ada yang berubah dalam kehidupan pribadinya walupun sekarang dia sudah hidup berkecukupan. Dia tidak pernah menolak bertemu siapapun, selalu melayani dan hidup dalam kesahajaan. Di samping itu, Sam HC juga selalu membuat target dalam hidupnya.

Di tengah kesibukannya memimpin 9 perusahaan, menjadi ketua umum satu organisasi UKM nasional, menjadi motivator dan sederet kesibukan lainnya Sam HC masih menetapkan target tinggi yang dia jalani secara konsisten setiap hari, target setiap hari ini dia sebut “Jalur Juara” yakni: Sholat fardhu berjamaah tepat waktu di Masjid, sholat sunnah rawatib, dzikir pagi dan petang, sholat tahajjud, sholat dhuha, baca Al-Qur’an 1 juz 1 hari, serta puasa sunnah senin dan kamis.

Sam HC juga telah menunaikan rukun Islam yang ke 5 yakni haji pada tahun 2014 dan juga telah menunaikan umroh sebanyak 10 kali. Selain itu, di perusahaan yang sudah dia dirikan juga diberikan program umroh bagi karyawan yang berprestasi.

Sam HC juga mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap para suporter khususnya Aremania, dari muda Sam HC menjadi supporter aktif PS Arema dan tahun 1995 Sam HC aktif dalam organisasi Forum Persaudaraan Arema Jabodetabek, bahkan pernah menduduki jabatan sekertaris. Saat kesebelasan Arema bermain di Jakarta hampir dipastikan dia menjadi seksi sibuk mulai dari mengurus perijinan kepolisian, akomodasi, ticketing, sampai transportasi.

sam hc
SAM HC

Untuk menyambut Aremania di Jakarta, Sam HC selalu berusaha meliburkan diri satu pekan untuk didedikasikan mengurus Aremania di Jakarta. Beberapa kali Sam HC juga yang merawat dan memulangkan Aremania yang terkena insiden pelemparan ataupun jatuh dari kereta. “Bukan sepak bolanya yang saya kejar, tapi perasudaraan sesama Arek Malang yang saya tekankan, supporter harus damai baik internal maupun dengan supporter lain”. Sam HC juga menjadi pelopor untuk membantu meringankan beban saudara kita saat mudik lebaran dengan mengadakan Mudik Gratis dan Mudik Murah dari Jakarta ke Malang hampir di setiap lebaran Idhul Fitri.

Seluruh kegiatan sosial Sam HC dibiayai oleh hasil pribadinya. Adapun badan sosial yang dibiayai oleh Zakat Usaha setiap bulan adalah melalui :

  • Yayasan Kalasuba Indonesia dengan kegiatan subsidi guru madrasah, membantu pembangunan masjid di berbagai wilayah indonesia, membantu pembangunan sekolah, donasi kepada panti asuhan, membangun pesantren dan berbagai kegiatan yg bersifat pemberdayaan.
  • Pergerakan moral Malang Jejeg dengan kegiatan pemberdayaan petani, pendirian koperasi produksi, pemberdayaan UMKM, penyadaran sosial sampai bantuan hukum gratis bagi yang membutuhkan.
  • Pesantren Wirausaha Kalasuba Indonesia dengan kegiatan mendidik sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi professional dan pengusaha yang berintegritas. Pesantren ini juga berkegiatan membantu UKM untuk mengembangkan diri serta membantu penguatan berbagai organisasi masyarakat baik organisasi usaha, pendidikan maupun organisasi sosial.

Ketika ditanya berapa besaran zakatnya dia enggan mengungkapkan. Yang jelas Sam HC sudah tidak lagi menghitung baik di sisi prosentase maupun jumlahnya. Sebagai bakti kepada daerah kelahiranya Sam HC juga membangun 3 proyek idealis untuk menaikkan wilayah Malang Barat sebagai tujuan wisata, yakni Kasembon Park, Coban Kethak, dan Desapa Rest Area.