Malang City of Talents: Visi Sam HC untuk Meningkatkan Kualitas SDM

Malang City of Talents Sam HC

Menurutnya, fokus pada sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan sebuah negara, bahkan tanpa keberlimpahan sumber daya alam. City of Talents bukan hanya program biasa, melainkan suatu revolusi dalam memahami dan mengembangkan potensi setiap individu. Program ini mencakup rentang luas, mulai dari perawatan kesehatan ibu hamil, investasi dalam gizi balita, hingga pendidikan anak. Puncaknya adalah tes minat dan bakat pada usia 10 tahun (Golden Age), yang diharapkan dapat membimbing setiap individu menuju profesi sesuai dengan potensi mereka.

Sam HC berpendapat “Sebagai manusia kita diberi bakat dan kecerdasaan oleh Sang Pencipta, tapi bakat dan kecerdasan beberapa individu tidak pernah diketahui karena tidak pernah di tes. Banyak faktor yang menjadi kendala, mungkin karena keluarga, sekolah dan pemkot masih belum memfasilitasi, sehingga SDM di Malang masih menjadi rata-rata umum, bukan spesialis.”

Kota Malang diharapkan akan menjadi pusat inovasi dalam pengembangan SDM dengan program ini. Banyak warga yang belum menyadari potensi terbaiknya, dan City of Talents menjadi jawaban untuk mengubah paradigma tersebut. Program ini akan membuka pintu bagi setiap individu untuk menemukan bakat dan minat mereka, menghindarkan mereka dari pilihan karir yang salah.