Pesantren Wirausaha Kalasuba: Belajar Langsung dari Ahlinya

Pelatihan tanam ubi dalam karung di Pesantren Wirausaha Kalasuba.
Pelatihan tanam ubi dalam karung di Pesantren Wirausaha Kalasuba.

Tanam Ubi Dalam Karung

Para petani yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam pemasaran ubi, kini dapat menanam dengan luas 23 hektar dan menghasilkan hingga 25 ton setiap minggunya. Namun, sebelum mendapatkan bantuan dari Ashat Arifin, banyak dari mereka yang mengalami kesulitan dalam menjual hasil panen mereka, bahkan terpaksa membagikan ubi kepada tetangga karena tidak tahu akan dijual kemana.

Dalam sesi pelatihan, Ashat Arifin juga menjelaskan karakteristik ubi, termasuk kondisi ideal untuk menanam ubi serta cara perawatan dan penanggulangan hama. Salah satu metode yang dibahas adalah sistem pulung, di mana ubi ditanam dalam karung. Kelebihan dari sistem ini adalah kemampuannya untuk diterapkan di lahan yang terbatas.

Pelatihan tanam ubi dalam karung di Pesantren Wirausaha Kalasuba.
Praktek penanaman ubi dalam karung di area pesantren

Media tanam yang digunakan adalah campuran sekam bakar, kompos, tanah, dan pasir dengan perbandingan tertentu. Setiap karung berisi setek ubi dengan masa tumbuh sekitar 4 bulan. Ashat Arifin juga memberikan penjelasan menarik mengenai peran ubi dalam beberapa budaya suku di Indonesia, seperti dalam adat Jawa yang menganggap ubi sebagai tumbuhan saklar, serta munculnya istilah “polo pendem”.

Baca Juga: Malang City of Talents: Visi Sam HC untuk Meningkatkan Kualitas SDM

Menurut pendiri Pesantren Wirausaha Kalasuba, Heri Cahyono, metode pembelajaran langsung seperti ini lebih efektif daripada sekadar teori belaka. Dengan melibatkan praktisi yang telah berpengalaman di lapangan, para peserta dapat memahami dan menerapkan pengetahuan dengan lebih baik.

Dengan adanya program-program seperti ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan keterampilan mereka secara maksimal dan menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah. Inisiatif seperti yang dilakukan oleh Sam HC dan Pesantren Wirausaha Kalasuba merupakan langkah konkret dalam membangun sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing di era globalisasi ini.