Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejak kecil Sam HC mempunyai kebiasaan yang unik, yakni dalam banyak hal tidak mau sama dengan kebanyakan orang pada umumnya. Hal ini bisa terjadi karena Sam HC mempunyai produk budaya Arek Malang berupa karakter. Salah satu karakter yang ada dalam diri Sam HC adalah menjadi pembeda yang baik atau dalam Bahasa Malangan disebut “Mboys”. Bagi Sam HC “Kebenaran Umum Tidak Selalu Benar”, salah satu contohnya adalah ketika Sam HC memutuskan mengambil jurusan yang tidak paling dia sukai saat kuliah sambil bekerja, karena hal ini berbeda dengan kebanyakan umum yang justru mengambil jurusan yang paling disukai. Atas keputusannya yang unik tersebut Sam HC mempunyai cadangan ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang.

Sam HC juga mempunyai hobi yang justru berkebalikan 180 derajat dengan sikapnya. Hobinya berpetualang untuk menaklukkan tantangan, sementara dalam keseharian sikapnya penuh dengan kelembutan. Hobi petualangannya dimulai sejak kecil dengan melakukan pendakian ke berbagai gunung di Indonesia. Namun sejak tahun 2007 Sam HC mulai menggeluti dunia motor trail yang akhirnya menjadi sarana untuk menyalurkan hobi berpetualangnya.

Tak tanggung-tanggung, mulai dari bermain trail di medan offroad berat di berbagai pelosok tanah air hingga mengelilingi berbagai negara dengan mengendarai motor sudah dia lakukan. Tidak hanya sekedar bermain dan hobi saja, dia melakukannya juga untuk tujuan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta serta mengenal kearifan lokal di setiap daerah yang dilewatinya.

Di luar Indonesia Sam HC pernah merasakan atmosfer bermain motor di berbagai negara. Sebut saja pernah menyusuri Rocky Mountain di Amerika yang wilayahnya membentang dari Amerika sampai dengan Kanada di Utara dan di Selatan berbatasan dengan wilayah Meksiko.

Explore America
explore america

Sam HC juga pernah mencoba ganasnya Sahara di Afrika sekaligus merasakan jalur legendaris rally dunia yakni jalur Paris Dakkar.

Berbagai negara Eropa pun sudah pernah ditaklukan dengan menggunakan motor antara lain: Bosnia, Belanda, Swiss, Kroasia, Jerman, Montenegro, Italia, Jerman, Slovenia, Belgia, Luxemburg, dan Perancis.

Selain di Eropa Sam HC juga sudah pernah merasakan petualangan gurun pasir di Timur Tengah.

Selain aktif begabung dalam Indonesian Offroad Expedition (IOX), Sam HC juga pernah menjadi wakil Indonesia dalam Rally Asia pada tahun 2018 dengan rute Thailand – Myanmar.

Dari berbagai hobinya tersebut, Sam HC mendapatkan pengalaman yang sangat banyak dan mampu menempa mentalnya untuk tetap kuat dalam kondisi terburuk sekalipun, dari berbagai pengalaman itulah yang menjadikannya menjadi sosok pria tangguh dan berjiwa pemenang.

Hal tersebut pernah beberapa kali dibuktikan, salah satunya adalah ketika malam hari di pegunungan Himalaya dia terpisah dari rombongan, Sam HC sendirian menjelajahi pegunungan tersebut dan mengatasi tekanan penyakit altitude mountain sickness yakni sebuah kondisi yang membuatnya lemas lunglai dikarenakan tipisnya kandungan oksigen dan saat itu dia sendirian di tengah malam.

Berbekal keingginan untuk selamat, upaya yang sangat keras dan mentalitas yang kuat akhirnya Sam HC diijinkan oleh-NYA mampu keluar dari tekanan dan selamat setelah berhasil mencapai rumah penduduk setempat.

Karena kegemaran akan petualangan, Sam HC juga mendirikan klub trail bernama “Ongisnade Dirt Bike” dengan slogan “Ssst..don’t tell my mother !!!” dan benderanya sudah dia kibarkan ke berbagai penjuru dunia mulai dari Grand Canyon di Amerika sampai gurun Sahara di Afrika.